Sabtu, 30 Juli 2016

Pengertian Faktor Internal,Auksin,Giberelin

  APA ITU Faktor Internal,Auksin,Giberelin??


1)  Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh itu sendiri. Faktor Internal  di bagi menjadi dua yaitu faktor intrasel dan faktor intersel. Faktor intarsel adalah faktor berupa sifat hereditas ( Sifat Keturunan ), Sedangkan faktor intersel  Berupa Hormon pertumbuhan. 

Zat Tumbuh  adalah Hormon yang mempengaruhi  pertumbuhan pada tumbuhan. pertama kali ditemukan oleh Friedrich August Ferdinand Went pada tahun ( 1863-1935 ). Went berpendapat Bahwa tidak mungkin terjadi pertumbahan  tanpa adanya zat tumbuh (Hormon Pertumbuhan). Contoh Hormon pertumbuhan Adalah Auksin,Giberelin,Sitokinin,Kalin,Gas Etilen, Asam Abisat, Dormin dan Asam traumalin.

2)  Auksin pertama kali ditemukan oleh Ferdinand Went pada pada ujung Koleoptil ( Daun Pertama ). kecambah Avena Sativa (Gandum). auksin Auksin DI sekresikan Oleh titik tumbuh-tumbuhan, yaitu yaitu diujung koleoptil dan di jaringan meristim, kemudian kemudian diedarkan keseluruh tubuh-tumbuhan.Fungsi Auksin antara lain merangsang perpanjangan sel; merangsang pembentukan bunga dan buah; memperpanjang titik tumbuh; mencegah gugurnya daun dan buah; mengembangkan sel-sel yang terdapat di belakang jaringan  meristem; merangsang pertumbuhan akar lateral/ akar samping



3) Giberelin ditemukan Fujikuroi Kurusawa pada tahun 1926. Giberelin dihasilkan oleh jamur parasit pada tanaman padi, yaitu Giberella fujikuroi/ fusarium monoliformae yang sedang berada dalam fase tidak sempurna. Fungsi Geberelin antara lain merangsang aktivitas kambium; menyebabkan tanaman tumbuh raksasa; menyebabkan buah menjadi sangat besar dan tidak berbiji; meningkatkan pemanjangan batang; menyebabkan tumbunya bunga sebelum waktunya; mempengaruhi perkembangan embrio dan kecambah; menghambat pembentukan biji;menghambat dormansi dalam biji kuncup tunas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar