Minggu, 31 Juli 2016

Pengertian Sitokinin,Kalin,Gas Etilen


1)  Sitokinin mula-mula ditemukan pada batang tembakau. Apabila dikombinasikan dengan Auksin dan Giberelin maka sitokinin dapat membantu mengatur pembelahan sel di daerah meristem sehingga akar dan batang tumbuh normal. fungsi sitokinin antara lain menggiatkan pembelahan sel;mempengaruhi pertumbuhan tunas,akar dan pelebaran daun; mengatur pembentukan bunga dan buah; menunda penguguran daun,bunga,dan buah.






2)  Kalin adalah hormon pertumbuhan yang merangsang pembentuakan organ tumbuhan. Terdapat bermacam-macam kalin, antara lain Kaulokalin,filokalin,rizokalin dan antokalin. Kaulokalin berperan merangsang pembentukan batang. Filokalin berperan merangsang pembentukan daun. Rizokalin merengsang pembentuakn akar. Adapun Antokalin/florigen berperan merangsang pembentukan bunga.


3) Gas Etilen dihasilkan oleh buah matang dan dapat mempercepat pemasakan buah lain. Sifat ini dimanfaatkan oleh para pedangang buah dengan memanen buah yang belum masak untuk menghindari dan mengurangi pembusukan buah. Dengan memanfaatkan Gas Etilen, buah yang dipanen tersebut akan tetap dapat masak. selain itu, Gas Etilen dapat memperkuat batang. Gas Etilen yang berinteraksi dengan hormon tumbuhan yang lain dapat berfungsi secara khas. Pembungaan pada mangga dan nanas. Ketika beriteraksi dengan Gas Geberelin,Gas Etilen dapat mengatur perbandingan antara bunga jantan dan betina pada beberapa tumbuhan berumah satu (tumbuhan dengan putik dan benang sarinya terletak satu individu).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar