Sabtu, 26 November 2016

Fungsi KULIT pada tubuh manusia

                                                                Fungsi Kulit






Sebagai alat ekskresi, kulit berfungsi mengeluarkan keringat. Fungsi kulit yang lain adalah melindungi tubuh terhadap gesekan,kuman,penyinaran,panas, dan zat kimia; yang mengatur suhu tubuh; menerima rangsangan dari luar; mengurangi kehilangan air.

Kelenjar keringat menyerap air dan garam, terutama garam dapur dari darah di pembuluh kapiler. keringat yang dikeluarkan pori-pori diperlukan kulit akan menyerap panas tubuh sehingga suhu tubuh menjadi tetap. pada keaadan normal, keringat akan keluar dari tubuh sebanyak sekitar 50ml setiap jam beberapa faktor yang dapat memacu pengeluaran keringat,antara lain peningkatan aktivitas tubuh, peningkatan suhu lingkungan dan goncangan emosi. Emosi akan merangsang saraf simpatis untuk memperkecil pengeluaran keringat dengan cara mempersempit pembuuh darah.

Pengeluaran keringat yang berlebihan misalnya karena terik matahari atau kegiataan tubuh yang berlebihan, dapat menyebabkan terjadi lapar garam, yaitu kekurangan kadar garam darah dapat mengakibatkan kekejangan dan pingsan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar