Selasa, 13 September 2016

Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama



1. Tema 

     Tema juga disebut inti cerita atau gagasan pokok cerita.  Tema merupakan jawaban pertanyaan: Apa yang di  ceritakan pada drama tersebut? tema dapat diketahui  setelah kamu membaca drama sampai selesai. Teks drama  kadang disampaikan secara tersurat (eksplisit), tetapi  kadang juga disampaikan secara tersirat (implisit).


2. Penokohan

    Tokoh dan penokohan adalah dua hal yang saling  berkaitan. Tokoh adalah pemeran drama, sedangkan  penokohan adalah penggambaran karakter tokoh, baik  secara fisik maupun nonfisik (kepribadian).


3. Alur

     Alur disebut juga jalan cerita. alur merupakan peristiwa  demi peristiwa yang terjalin menjadi satu cerita. Drama ada  yang diceritakan dengan alur maju, alur mundur, alur  campuran.


4. Latar 

    Latar adalah tempat waktu terjadinya peristiwa peristiwa    dalam cerita. Latar juga dapat berupa keadan suasana  yang  menjadi penyebab terjadinya peristiwa.


5.  Dialog

     Dialog adalah percakapan atau pembicaraan yang  dilakukan oleh tokoh.



6.  Amanat

     Amanat merupakan pesan yang disampaikan pengarang melalui cerita drama tersebut. Tema dibedakan menjadi tema niatan dan tema muatan. Tema niatan adalah tema yang dimaksudkan oleh pengarang, tema muatan adalah tema yang ditangkap oleh pembaca.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar