Senin, 08 Agustus 2016

5 Penyakit Pada Sistem Ekskresi


1. Albuminuria

    Albuminuria aadalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan urine penderita mengandung albumin. Albumin meripakan protein yang bermanfaat bagi manusia karena berfungsi agar cairan tidak terlalu banyak keluar dari darah. Penyakit ini menyebabkan albumin yang lolos dari saringan ginjal dan terbuang bersam urine. Penyakit ini dibebabkan karena kekurangan protein,penyakit ginjal,penyakit hati

2. Hematuria 

    Hematuria (kencing darah) adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan urine penderita mengandung darah. Penyakit ini antara lain disebabkan oleh peradangan ginjal,batu ginjal, dan kanker kandung kemih.

3. Nefrolitiasis

    Nefrolitiasis (batu ginjal) adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan adanya batu ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih. Jika endapan terbentuk didalam rongga ginjal,disebut batu ginjal. jika endapan tebentuk dikantong kemih, disebut kencing batu. Batu ginjal umumnya mengandung garam kalsium (Zat Kapur) antara lain kalsium oksalat,kalsium fosfat atau campurannya. Batu ginjal terbentuk karena konsentrasi unsur-unsur dalam urine tinggi yang dipercepat dengan infeksi dan penyumbatan ureter.


4. Nefritis 

    Nefritis adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan peradangan ginjal, Khususnya nefron. proses peradanganya biasanya berasal dari glomerulus, kemudian menyebar kejaringan sekitarnya. penyakit ini harus segera di tangani oleh Dokter.

5. Diabetes Insipidus

    Diabetes insipidus adalah penyakit  pada sistem ekskresi yang ditandai dangan meningkatnya jumlah urine 20-30 kali lipat karena kekurangan hormon antidiuretika (ADH). Penyakit ini dapat diatasi dengan pemberian ADH sinetik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar